Selasa, 16 September 2014

Biak, Pulau Mungil nan Menawan

Holla viewers!
Postingan pertama saya kali ini akan membahas tentang budaya, makanan, objek wisata dan lain sebagainya yang ada di Kota Biak, Papua. Sebelumnya saya akan menjelaskan dimana letak Kota Biak. Biak merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di Provinsi Papua sebelah barat. Berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Jadi jika viewers berada di Pulau Biak bagian utara, saya jamin viewers bisa langsung menyaksikan indahnya Samudra Hindia. Untuk berkunjung ke pulau mungil yang cantik ini, viewers bisa menggunakan pesawat terbang ataupun kapal laut.
Next, kita bicara tentang budaya. Budaya masyarakat Biak sedikit banyak yang saya ketahui adalah Barapen Ceremony. Masyarakat Biak bilang, belum injak tanah Papua namanya kalau belum coba yang namanya Barapen. Apa itu barapen? Nah barapen adalah budaya memasak yang diterapkan dari zaman dahulu hingga sekarang menggunakan batu. Jadi mereka memendam masakan mereka didalam batu panas yang dibakar. Yang saya tau, biasanya mereka memasak singkong.
Sekarang kita bahas tentang makanan. Makanan khas pulau ini adalah papeda dan Kombrov Kokaben/gurita asap. Gurita yang sebelumnya sudah dibumbui dengan rica pedas dan tumisan bawang ini kemudian diasap selama kurang lebih 6 jam. Rasanya nikmat banget... Meskipun guritanya kenyal-kenyal gitu. Hehehe.
Objek wisata. Disini saya tidak akan menyebutkan semua tempat wisata yang ada di Pulau Biak karena saking banyaknya wisata alam dan bahari yang disajikan bagi para pengunjung. Beberapa diantaranya ada Taman Burung Anggrek, Pantai Bosnik, Pantai Maraw, Pantai Waterbasis, Goa Jepang, Air terjun Warsa, and still many more!
Viewers berminat visit ke kota Biak? Monggo... Penduduk sini ramah-ramah kok. Disini gak cuman ada penduduk lokal saja, banyak penduduk yang berasal dari luar Biak. Contohnya saya hehe.. Kita disini hidup damai dan tentram. Meskipun ada perbedaan, tetapi kita gak pernah merasa kalo perbedaan itu jadi pagar pembatas diantara kita. Kita hidup berbaur jadi satu.

By : Aknes Melani Ayustin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar